Senin, 27 Oktober 2014

Musik Klasik


Musik klasik, salah satu musik yang masih disukai banyak orang. Iramanya yang merdu dan menggugah hati bagi penikmatnya. Musik klasik pertama kali berkembang di dunia barat khususnya Eropa, yang negra-negaranya melahirkan komposer - komposer musik klasik ternama. Mulai berkebang pada abad ke 18 sampai abad ke 19 lebih spesifiknya mulai berajaya dari tahun 1740 – 1830 (Beberapa menyebutkan dari 1750-1825). 

Adapun ciri-ciri tersendiri dari musik klasik diantaranya :
·         Penggunaan dimika, dinamika mengalami peralihan dari yang lembut sampai keras (crescendo) maupun sebaliknya dari yang keras sampai lembut (decrescendo)
·         Adanya perubahan tempo, sepeti perubahan tempo dengan percepatan/semakin cepat (accelerando) dan perlabatan/semakin lambat (ritarteando).
·         Pemakaian Ornamentik dibatasi
·         Penggunaan Akord 3 nada.

 

Era Baroque

Musik era baroque dimulai pada tahun 1600 dan berakhir pada tahun 1750. Ini adalah era dimana musik klasik Eropa mulai berjaya. Komposer era ini membuat perubahan di notasi musik dan juga menciptakan cara baru dalam memainkan instrument musik. Era musik baroque juga merupakan tonggak dari terciptanya dan diakuinya musik dalam opera. Banyak sekali teknik musik dan konsep musik dari era baroque masih dipakai hingga saat ini seperti, darmstadt overtures dari Jerman, overtura dari Prancis , allemande dengan tempo sedang, courante dari Prancis, sarabande yang mempunyai beat antara 40 dan 66 per menit, dan gigue dari Inggris yang bisa dimulai dari segala beat. Para komposer terbaik dari dunia musik klasik eropa sangat berjaya di era ini. Sebut saja Claudio Monteverdi, Antonio Vivaldi, George Frideric Handel, Arcangelo Corelli, Johan Pachelbel, dan sang maestro musik klasik, Johann Sebastian Bach. 

Era Klasik

Musik era klasik dimulai dari tahun 1750 hingga tahun 1820. Era musik klasik terletak diantara era baroque dan era romantik. Era musik klasik ini juga sering disebut sebagai era musik klasik Viennese, hal tersebut terjadi karena banyak sekali composer yang berkarya di Vienna dan membentuk Viennese School. Era ini adalah kejayaan music klasik karena pada era ini melahirkan composer dunia seperti Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Ludwig van Beethoven. Lalu masih ada Luigi Boccherini, Muzio Clementi, Carl Phillipp Emanuel Bach, Johann Ladislaus Dussek, dan Cristoph Willibald Gluck,  Franz Schubert, Johann Nepomuk Hummel, Carl Maria von Webber, dan Luigi Cherubini Karakteristik. Musik dari era klasik adalah homophonic yang melodinya diatas iringan chord. Banyak sekali musik yang sangat indah dalam bentuk, proporsi, keseimbangan, moderasi, dan juga kontrolnya. Musik di era ini juga terkenal sangat indah dan elegan dengan ekspresi dan struktur musik yang dikerjakan dengan sangat sempurna. Bila dibandingkan dengan musik era baroque, musik era klasik lebih ringan, lebih mudah dan tidak membingungkan, serta mempunya tekstur yang jauh lebih jelas. Melodi yang dimainkan di era ini biasnaya lebih pendek dari era baroque. Hal terbaik dari musik klasik adalah mereka menjadi elemen dasar dari semua musik di era selanjutnya.
 
  
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar