Senin, 27 Oktober 2014

Orkestra



Pertunjukan musik yang terdiri dari berbagai instrument yang dimainkan bersamaan sesuai partitur nada masing-masing. Musik yang biasa bahkan seing dimainkan adalah musik klasik. Ada beberapa jenis orkestra antara lain; Symphony orchestra atau Philharmonic orchestra adalah sebuah orkestra yang beranggotakan sekitar 100 orang. Sedangkan sebuah orchestra kamar (Chamber orchestra) bisa beranggotakan 50 orang, dan ada juga yang lebih sedikit daripada jumlah tersebut. Jumlah anggota pasti yang digunakan di orkestra berbeda-beda, tergantung pada karya yang dimainkan dan juga luas tempat konser.
 
Berikut alat musik yang digunakan dalam orkestra:

Alat-alat musik gesek memiliki 4 senar yang ditala pada interval sempurna kelima. Cara memainkannya yaitu dengan menggesek dawainya menggunakan busur (bow) atau dengan memetik. Yang termasuk dalam kelompok alat ini yaitu:


  1. Biola (Violin) Biola adalah alat gesek yang memiliki badan paling kecil dan rentang suara paling tinggi. Senarnya pada umumnya ditala pada nada G3 D4 A4 E5. Biola dimainkan di kunci G atau Treble Clef.
  2. Viola Viola memiliki bentuk yang mirip dengan biola, namun sedikit lebih besar. Viola memiliki satu senar di bawah senar terendah yang dimiliki oleh biola sehingga nada standarnya C3 G3 D4 A4. Musik untuk viola ditulis pada kunci C atau Alto Clef.
  3. Cello Cello memiliki ukuran yang lebih besar sehingga dimainkan dengan posisi didirikan di antara kedua kaki pemain yang duduk. Nadanya satu oktaf di bawah viola, yaitu C2 G2 D3 A3. Notnya ditulis pada Bass Clef.
  4. Contrabass (Double Bass) Contrabass adalah alat gesek yang paling besar dan bernada paling rendah. Tidak seperti alat lainnya dalam keluarga biola, nada contrabass diatur dengan interval sempurna keempat, standarnya yaitu E1 A1 D2 G2. Notnya juga ditulis pada Bass Clef, namun nada aslinya satu oktaf lebih rendah daripada yang tertulis.
 
Tiup
Alat musik tiup dibagi menjadi dua yaitu alat tiup kayu (woodwind) dan alat tiup logam (brass). Alat tiup kayu (yang sekarang sudah jarang dibuat dengan kayu) di antaranya flute, clarinet, oboe, bassoon, dan saksofon sedangkan alat tiup logam di antaranya terompet, horn, trombone, dan tuba.


  1. Flute Flute untuk standar konser ditala di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. Walaupun kini Flute terbuat dari logam, Flute termasuk alat musik tiup kayu (woodwind) karena dahulu flute terbuat dari kayu.
  2. Clarinet Klarinet merupakan keluarga instrumen terbesar, dengan ukuran dan pitch yang berbeda-beda. klarinet umumnya merujuk pada soprano klarinet B, yang merupakan klarinet umum. Pemain klarinet disebut klarinetis.
  3. Terompet Jenis yang paling umum adalah trompet B, tapi trompet C, D, E, E, F, G dan A. Trompet C paling umum dipakai dalam orkestra Amerika, dengan bentuknya yang lebih kecil memberikan suara yang lebih cerah. Trompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.
  4. Horn Jenis Horn yang pada umumnya di gunakan dalam konser adalah French Horn. French horn memiliki tiga katup pengatur yang di mainkan dengan tangan kiri dengan tata cara dalam memainkan yang identik dengan trumpet. French horn pada umumnya menggunakan kunci F meski instrumen musik lainnya biasanya menggunakan kunci B
Perkusi
Alat musik pukul dibagi menjadi alat perkusi bernada, seperti xylophone dan glockenspiel, dan alat perkusi tak bernada seperti timpani, drum, dan cymbal. Yang paling sering digunakan dalam orkestra adalah timpani.


  1. Xylophone Xylophone memiliki nada yang lebih tinggi dan nyaring dari pada timbre dan marimba. Jangkauan nadanya pun luas. Alat musik ini di perkirakan berasal dari Slovakia, dan dahulu terbuat dari kayu.
  2. Timpani Timpani berasal dari Italia, disebut juga Timpano. Dahulu Timpani digunakan untuk keperluan drum militer, namun setelah abad ke 18, Timpani di gunakan dalam orchestra.
Piano

Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan jemari-jemari tangan dan merupakan salah satu alat musik yang paling umum digunakan di dunia. Dengan 88 tuts (lebih dari 7 oktaf), nada piano memiliki jangkauan nada yang sangat besar sehingga sering digunakan untuk pertunjukan solo. Piano baru mulai digunakan dalam orkestra semenjak era Romantik akhir.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar