Senin, 27 Oktober 2014

Tokoh Komposer Musik Klasik Part I

Pada posting sebelumnya dijelaskan kejayaan era musik klasik ada dua, yaitu era baroque dan era klasik. Kedua era tersebut ditasbihkan sebagai masa jayanya musik klasik karena banyak karya-karya dari para komposer yang lahir pada kedua era tersebut. Berikut akan dijabarkan beberapa tokoh/komposer musik klasik, dibagi menjadi dua bagian disesuaikan dengan era-nya. Pertama kita akan membahas tokoh/komposer musik klasik Era Baroque.


·     Johan Pachelbel 


Johann Pachelbel (Nürnberg, 1 September 1653 – 9 Maret 1706) adalah seorang komponis Barok berkebangsaan Jerman. ohann Pachelbel adalah komposer dan musisi Jerman dari era Barok (Baroque) pada abad ke-17. Meskipun saat ini lebih dikenal karena komposisinya yang berjudul Canon, Pachelbel merupakan guru dan komposer dengan banyak karya memikat. Salah satu murid Pachelbel adalah Johann Christoph Bach, kakak dari komponis Jerman terkenal Johann Sebastian Bach. Karya Pachelbel yang paling dikenal adalah komposisi musik yang diberi nama Canon. Namun, Pachelbel sebenarnya juga menciptakan berbagai komposisi lain. Saat di Gotha, dia menerbitkan sebuah koleksi musik liturgi ‘Choralezum Acht Praeambulieren’. Sedangkan ketika di Nuremberg, Pachelbel menulis beberapa karya vokal yang indah, Magnificat fugues, dan enam koleksi aria untuk organ dan harpsichord bernama Hexachordum Apollinis. Karya terkenal Pachelbel yang lain meliputi komposisi organ – Chaconne in F minor dan Toccata in C minor.


·     George Friedrich Händel




George Friedrich Händel, (Halle, 23 Februari 1685 – London, 14 April 1759) adalah sebuahseorang komponis musik Barok Jerman yang menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di Britania Raya. Dia dianggap sebagai pencipta terkemuka dalam musik concerti grossi, opera dan oratorio.Contoh karyanya yang terkenal adalah Water Music, Fireworks Music dan oratorio Messiah. Diadianggap sangat berpengaruh bagi banyak komponis yang hidup sesudahnya, termasuk Haydn, Mozart, dan Beethoven.



·     Johann Sebastian Bach




Johann Sebastian Bach (Eisenach, Jerman, 21 Maret 1685 – 28 Juli 1750) adalah seorang komponis Jerman. Ia menggubah musik untuk alatmusik organ, harpsichord, dan juga untuk orkestra. Karyanya yang paling terkenal adalah Brandenburg concerto. Pada akhir hidupnya Bach menderita kebutaan, pada saat ini pula ia menggubah Die Kunst der Fugue 13 (BWV 1080). Bach menulis komposisi ini dengan berbaring di tempat tidur dan mengejanot yang ada di kepalanya kepada istrinya. Bach meninggal dunia pada tahun 28 Juli1750 dan karya ini tidak sempat diselesaikan.
 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar